Minggu, 03 Juni 2012

MEIOFAUNA


1.      Dorvillea pacifica


Flowchart: Multidocument: Klasifikasi
 



Kingdom       : Animalia
Filum             : Annelida
Kelas             : Polychaeta
Ordo              : Eunicida
Famili            : Dorvilleidae
Genus            : Dorvillea
Spesies           : Dorvillea pacifica


Flowchart: Multidocument: Deskripsi
 


Dorvillea pacifica termasuk dalam famili Dorvilleidae dan kelas Polychaetes. Ukuran tubuhnya adalah sekitar 10 hingga 20 mm, dan dilengkapi dengan parapodia. Dorvilleidae  ini umumnya melimpah di habitat yang dangkal, meskipun kadang-kadang juga ditemukan di perairan dalam. Mereka tampak merayap perlahan di atas permukaan sedimen dan di bawah batu longgar.
Dorvillea pacifica  memiliki karakteristik rahang chitinous yang terdiri dari empat baris memanjang, bergigi, dan hanya bisa dilihat jika dilakukan  pembedahan. Dorvillea pacifica mudah dikenali dari dua pasang karakteristik pelengkap pada prostomium yang berbentuk bulat. Antena dorsal biasanya memiliki penampilan yang bermanik-manik dengan 'sendi' ganda dan palps ventral yang lebih tebal daripada antena, kemudian melengkung kembali di bawah kepala, dan makin keujung ukurannya semakin mengecil. Di tubuhnya hanya ada chaetae neuropodial yang meliputi chaetae sederhana dan ramping bentuk senyawa. Dorvillea pacifica  merupakan jenis karnivora atau omnivora. Pada saat dewasa ukurannya sangat besar, dapat mencapai panjang hingga 40 mm.

2.      Dinophilus gyrociliatus
Flowchart: Multidocument: Klasifikasi 



Kingdom            : Animalia
Filum                  : Annelida
Kelas                  : Polychaeta
Ordo                   : Eunicida
Superfamili         : Eunicoidea
Famili                 : Dorvilleidae
Genus                 : Dinophilus
Spesies               : Dinophilus gyrociliatus

Dinophilus gyrociliatus merupakan spesies dari filum annelida yang biasa ditemukan pada daerah pasir yang terkena ombak. Dinophilus gyrociliatus memiliki beberapa silia sensorik tunggal. Dinophilus gyrociliatus betina memiliki ukuran tubuh sekitar 1,3 mm untuk 5 segmen, jika dua cincin wilayah bukal dianggap pada segmen 1. Tubuh Dinophilus gyrociliatus betina berwarna keputihan.
Dinophilus gyrociliatus jantan memiliki ciri yang berbeda dengan Dinophilus gyrociliatus betina. Pada Dinophilus gyrociliatus jantan, tubuh tidak memiliki segmentasi, dan berbentuk seperti buah pir jika dilihat dari atas, dengan tiga bidang ciliary, sebuah ventral anterior, sebuah ventral posterior yang lebih kecil dan punggung yang sangat kecil. Warna tubuhya transparan.

3.      Sagitta elegans
a.       Bagian anterior                                                b.  Bagian posterior








c1 5 sagita
c1 4 ekor sagitta elegans


Flowchart: Multidocument: Klasifikasi
 










Kingdom: Animalia
Filum      : Chaetognata
Ordo       : Aphragmophora
Famili     : Sagittidae
Genus     : Sagitta
Spesies   : Sagitta elegans


Flowchart: Multidocument: Deskripsi
 


Sagitta elegans biasa ditemukan di daerah pantai yang terendam air laut. Sagitta elegans memiliki 9-11 kait di bagian anteriornya. Jika telah mencapai masa dewasa, Sagitta elegans dapat mencapai panjang 30 mm. Bentuk tubuhnya memanjang dengan ekor sepanjang 17-25% dari panjang tubuhnya.
Bagian kepala Sagitta elegans relatif kecil dibandingkan ukuran tubuhnya. Spesies ini memiliki semacam sirip di bagian lateral tubuhnya sebanyak dua pasang dan terpisah . Sagitta elegans memiliki gigi di bagian atas yang berjumlah 2-10 buah dan di bagian bawah berjumlah 11-28 buah. Bentuk tubuhnya teradaptasi untuk lingkungan perairan dalam. Sagitta elegans membutuhkan lingkungan yang kaya akan oksigen dan salinitas yang rendah.
4.      Hesionura laubieri
a.       Bagian abdomen


 






b.      Bagian kepala







Flowchart: Multidocument: Klasifikasi
 



Kingdom : Animalia
Filum        : Annelida
Kelas        : Polychaeta
Ordo          : Phyllodocida
Famili       : Phyllodocidae
Genus        : Hesionura
Spesies       : Hesionura laubieri


Flowchart: Multidocument: Deskripsi
 



Hesionura laubebieri masuk ke dalam kelas polychaeta sehingga Hesionura laubebieri merupakan   meiofauna yang bersifat permanen. Meiofauna permanen adalah meiofauna sejati yang berukuran kecil sampai dewasa menghabiskan seluruh masa hidupnya di dalam ruangan antarbutiran sedimen atau sepanjang siklus hidupnya bersifat meiobentos.
Hesionura laubieri merupakan  miofauna yang hidup di pantai yang partikelnya kasar dengan tipe  omnivora, predator dan scavenger.

5.      Macristomum sp
a.       Bagian atas                                                   b.   Bagian bawah







Flowchart: Multidocument: Klasifikasi
 



Kingdom         : Animalia
Filum               : Platyhelminthes
Kelas               : Turbellaria
Ordo                : Macrostomida
Famili              : Macrostomida
Genus              : Macrostomum
Flowchart: Multidocument: DeskripsiSpesies            : Macrostomum sp


Miofauna ini berasal dari kelas Turbellaria dengan ordo Macrostomida. Lebih dari 300 jenis spesies kecil yang berukuran 0,5mm -5 mm. Namun sebagian besar berukuran 1 mm dengan tubuh pipih transparan, biasanya bundar di bagian lintas, dan bentuk terbesar adalah dorsoventrally rata. Macrostomum sp memiliki sebuah tekak sederhana, usus, sepasang tali saraf tunggal lateral, dan tidak memiliki statocyst. Macrostomum sp bergerak dengan sillia. Macrostomum sp juga memiliki papillae perekat dua kelenjar yang berada di bagian ekor untuk melekat ke substrat. Ruang antara epidermis dan usus diisi dengan sel parenkim dan sel otot. Hewan ini hermaprodit, tahap larva tidak dikenal. Banyak spesies yang ditemukan di pasir laut dan lumpur, dan di habitat air tawar dengan banyak variasi bentuk yang sangat melimpah di meiobenthos pasang surut, di mana mereka bisa terkena kondisi lingkungan yang sangat bervariasi. Mereka dapat ditemukan di semua badan utama air di seluruh dunia, dan di air tawar dari semua benua, kecuali Antartika.
6.      Cephalothrix sp








Flowchart: Multidocument: Klasifikasi
 








Kingdom: Animalia
Filum     : Nemertina
Kelas      : Anopla
Ordo      : Anoplans
Famili     : Cephalothrix
Genus    : Cephalothrix
Spesies   : Cephalothrix sp


Flowchart: Multidocument: Deskripsi
 



Cephalothrix sp adalah anggota dari filum Nemertina. Filum Nemertina terdiri atas cacing yang secara anatomi tidak bersegmen, yang meliputi sistem vaskuler (pembuluh darah) tertutup , dibatasi endotelium, usus regionated dengan pori anal, penuh silia dan kelenjar epidermis, saraf sistem dengan empat ganglion otak, sepasang tali saraf lateral, dan gonad sacculate serial.
Ukuran Cephalothrix sp dewasa  berkisar antara 1 mm sampai beberapa meter panjangnya dan lebarnya 0,15 mm sampai beberapa sentimeter. Hewan kelas ini memiliki belalai khusus yang disebut stylet dan memiliki mulut ventral. Posisi mulut pada akhir anterior usus  dan jauh dari  posterior ujung sefalika (sepanjang 1 mm pada cacing 7-10 mm).
Semua spesies Cephalothrix interstisial dicirikan oleh belalai epitel yang berisi menonjol  (jumbai ciliary panjang), sel dengan sekelompok  rhabdite seperti inklusi, dan sel-sel dengan sebuah pseudocnide  (sebuah guci dengan benang eversible) (Gerner, 1969).
Nemertina interstisial kebanyakan ditemukan dari daerah pasang surut dan subtidal yang dangkal dan bersih, pasir relatif kasar dan shell hash, yaitu energi pantai yang tinggi dimana pasir kasar dan fragmen cangkang menumpuk. Nemertina interstitial jarang ditemukan di daerah dengan tinggi beban partikulat organik atau lanau.
7.      Saccocirrus minor

         
Flowchart: Multidocument: KlasifikasiBagian anterior              Bagian abdomen                     Bagian posterior


Kingdom           : Animalia
Phylum              : Annelida
Class                  : Polychaeta
Order                 : Protodrilida
Family                : Saccocirridae
Genus                : Saccocirrus
Flowchart: Multidocument: DeskripsiSpecies               : Saccocirrus minor


Ukuran tubuh Saccocirrus minor yaitu 100 – 120 mm. Saccocirrus minor mempunyai 80 – 100 segmen tubuh. Segmen secara eksternal tak jelas. Di kepalanya terdapat dua tentakel panjang dengan panjang 8-10 mm, dua mata gelap, dan dua bagian organ nuchal di dasar tentakel. Parapodia terdapat di bagian segmen kedua dari belakang. Jarak setae sukup luas. Organ seks pada  Saccocirrus minor terpisah (dioecus). Organ reproduksi kompleks. Gonad berkembang di dalam segmen-segmen pertengahan. Kantung sperma terletak di samping rongga tubuh. Organisme ini ditemukan pada pantai pasir yang terkena ombak, jadi terkadang tidak terpapar oleh air laut.

8.      Turbellaria sp.
Flowchart: Multidocument: Klasifikasi 


Kingdom           : Animalia
Filum                 : Vermes
Kelas                  : Turbellaria
Ordo                  : Proseriata
Famili                 : Otoplanidae
Sub famili          : Otoplaninae
Genus                : Turbellaria
Flowchart: Multidocument: DeskripsiSpesies               : Turbellaria sp.


Turbellaria sp. merupakan organisme dalam kelompok yang banyak dan hemaphrodit. Tubellaria sp tidak memiliki sistem peredaran dan sistem pernapasan yang khusus. Karena ketiadaan sistem pernapasan dan sistem peredaran yang khusus , proses pengangkutan metabolit-metabolit internal dilakukan secara difusi. Turbellaria sp. bersifat paraphyletic. Turbellaria sp. termasuk Acoelomorpha. Turbellaria sp. ini bersifat simetris. Mereka mempunyai permukaan-permukaan kepala dan dasar yang terpisah jelas. Konsentrasi jaringan saraf di dalam daerah kepala adalah paling sedikit yang ditandai di dalam acoels. Kebanyakan Turbellaria mempunyai mangkuk pigmen ocelli ("mata kecil"), satu pasang di dalam kebanyakan jenis. Organisme ini ditemukan pada pantai pasir yang terkena ombak, jadi terkadang tidak terpapar oleh air laut.

9.      Lobatocerebrum psammicola

    
    Bagian kepala                   Bagian abdomen                      Bagian ekor


Flowchart: Multidocument: Klasifikasi
 



Kingdom        : Animalia
Phylum           : Annelida
Class               : Clitellata
Order              : Haplotaxida
Family             : Lobatocerebridae
Genus             : Lobatocerebrum
Flowchart: Multidocument: DeskripsiSpesies            : Lobatocerebrum psammicola


Lobatocerebrum psammicola merupakan salah satu spesies miofauna yang ditemukan di daerah B3 dengan kondisi pasir yang jarang terkena air. Lobatocerebrum psammicola termasuk dalam filum annelida dalam famili Lobatocerebridae. Ukuran tubuhnya kurang lebih 1,8 mm hingga 3 mm, dan tubuhnya sedikit transparan. Lobatocerebrum psammicola memiliki bagian mandibula yang berbentuk seperti  scapula dengan tepi anterior  yang halus. Sedangkan untuk bagian maksilla belum dapat diidentifikasi secara jelas. 
Lobatocerebrum psammicola termasuk annelida. Anggota amat kecil dari meiofauna ini merupakan acoelomate, tidak terbagi-bagi atau bersegmen, dan kekurangan chaetae. Lobatocerebrum psammicola merupakan annelida yang diduga sudah kehilangan hampir seluruh komplemen dari fitur annelida. Organisme ini ditemukan pada pantai pasir yang terkena ombak, jadi terkadang tidak terpapar oleh air laut.
10.  Pusillotrocha akessoni













Flowchart: Multidocument: Klasifikasi
 










Kingdom       : Animalia
Filum             : Annelida
Kelas             : Polychaeta
Ordo             : Eunicida
Famili            : Dorvilleidae
Genus            : Pusillotrocha
Spesies          : Pusillotrocha akessoni


Flowchart: Multidocument: Deskripsi
 



Pusillotrocha akessoni  ini merupakan jenis larva dari kelompok hewan filum Annelida kelas polychaeta. Berukuran sekitar 1,5 mm dengan 18 segmentasi tubuh. Berwarna Putih atau kekuningan. Memiliki prostomium bulat atau oval serta tidak memiliki antena. Hewan  ini  memiliki palpus sekitar setengah panjang  prostomium yang terletak di ventrolateral posterior  dari prostomium. Palpus ini berbentuk jari,  dengan bagian distal bersilia. Pada Segmen pertama dan kedua dari tubuh hewan ini terdapat parapodia tumpul, dengan satu acicula dan  satu atau dua  caeta sederhana serta  tiga chaetae majemuk.  Pygidiumnya terdiri dari  2 rambut getar dengan bagian distal yang bersilia. Bagian mandibulanya berbentuk seperti  scapula dengan tepi anterior  yang halus. Sedangkan untuk bagian maksilla belum dapat diidentifikasi secara jelas.  Spesies ini ditemukan di lokasi sampel B1 Pantai Glagah, yakni di pasir yang selalu tergenang air laut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar